Sabtu, 08 Juni 2013

WWW Security

                            WWW Security


WWW atau yang biasa kita kenal dengan sebutan ( World Wide  Web ) salah satu fasilitas yang di buat untuk memberikan kemudahkan bagi para pengguna internet , kemudahan yang di berikan adalah dimana seluruh halaman-halaman web berkumpul menjadi satu dalam satu domain atau subdomain dan dapat di akses dimana saja dengan mudah dan cepat.

Dokumen  yang terdapat di WWW dibuat dalam suatu dokumen yang disusun dengan format HTML atau Hipertex Text Markup Language. Dan untuk mengakses  dan menampilkan dokumen tersebut, pengguna  internet harus menggunakan program aplikasi  clientnya atau sering disebut dengan WWW browser. 

HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer. HTML juga dapat dikenali oleh aplikasi pembuka email ataupun dari PDA dan program lain yang memiliki kemampuan browser.

Karena tingginya pengguna internet maka ancaman dalam WWW pun juga muncul ,banyak pihak yang melakukan serangan-serangan melalui WWW karena peminat WWW yang cukup banyak. Maka perusahaan illegal dan pengguna berusaha untuk membuat suatu program yang mengerikan dan membuat virus yang dapat terinfeksi ke dalam komputer  pengguna dan merugikan para pengguna. Sebagian dari mereka yang melakukan hal ini hanya untuk iseng sementara yang lainnya membuat ini dengan tujuan iklan atau untuk menjual program antivirus.

Ancaman yang dapat kita dapat  datang ketika berjelajah dengan WWW ( World Wide Web ) seperti virus, worm, Trojans, bots, spyware, key logger, kedengkian kode mobile, root kit,  dan phishing.
Dalam membangun sebuah layanan web, ada 2pihak yang saling terhubung dalam  web, yaitu pihak server dan pihak client. Server bertugas untuk memberikan dan menyediakan layanan kepada pihak client. Dan pihak client yang menerima layanan tersebut dan juga kita juga membutuhkan jaringan komputer yang dapat  menghubungkan kedua pihak tersebut sehingga kita dapat  saling berkomunikasi.
Pihak client dan server seringkali menganggap bahwa  komunikasi yang mereka lakukan hanya terlibat oleh dua pihak saja, dan seringkali mereka berpikir bahwa informasi yang di berikan itu adalah benar dan tidak di modifikasi, karena adanya anggapan seperti itu makan muncul istilah yang di kenal dengan eksplotasi web yaitu dengan mengubah tampilan web dan menuliskan sesuatu yang bersifat negative sehingga dapat merugikan pemilik web dan dapat merugikan para pembaca web.

Para pemilik web yang mengalami eksploitasi web yang mulai menyadari tampilan pada web nya mulai berubah namun masih tetap bersikap cuek karena mereka berpikir  mereka hanya mengubah tampilannya saja padahal yang sesngguhnya adalah kemanan sistem dari web tersebut telah di jebol , istilah sebuah rumah yang pagar nya sudah di rusak sehingga akan mudah memasuki rumah  tersebut .

Sumber :
http://id.prmob.net/antivirus/trend-micro/world-wide-web-1819629.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar