Minggu, 09 Juni 2013

EmailSecurity



EMAIL Security 

Email atau yang bisa disebut dengan pesan elektronik  yang berarti adalah suatu media pertukaran pesan atau informasi yang bersifat digital dan dari penulis untuk satu atau lebih penerima. Email beroperasi dalam suatu jaringan komputer atau didalam suatu jaringan internet. Sistem kerja dari email tersebut adalah Email server menerima,meneruskan , mengirim dan menyimpan suatu pesan , baik pengguna maupun komputer mereka di haruskan untuk  online secara bersamaan.

Email seringkali digunakan sebagai syarat untuk mendaftar dalam sebuah akun misal nya facebook dan jejaring social lainnya.
 Email di haruskan oleh para pengguna akun agar bisa memberikan notifikasi saat menerima sebuat pesan atau pemberitahuan , bagi para pelajar juga email digunakan sebagai media penghubung seorang murid dan seorang guru saat ingin mengirimkan pekerjaan rumah yamg dapat bersifat gambar , viedeo , dan lain-lain.

Sistem email yang kita gunakan terdiri dari tiga komponen yang saling berhubungan yaitu
1.       Mail User Agent (MUA)
Mail User Agent merupakan fasilitas email yang berhubungan langsung dengan user yang digunakan untuk menulis, mengirim, membaca, serta menyimpan email. MUA ini terdapat dalam dua jenis, yaitu berbasis desktop dan berbasis web. Contoh MUA berbasis desktop yaitu Microsoft Outlook 2010, K-Mail, Pine, dan lain-lain. Sedangkan, contoh MUA berbasis web yaitu Gmail, Yahoo!mail, Hotmail, dan lain-lain.

2.       Mail Transfer Agent ( MTA)
Mail Transfer Agent merupakan server yang bertugas untuk mengirimkan, meneruskan dan menerima email user. Beberapa contoh MTA yaitu Sendmail, Qmail, Postfix, MDaemon. Simple Mail Transfer Protocol merupakan protocol yang digunakan untuk mengirimkan email antara MTA satu dengan MTA yang lain.

3.       Simple Mail Transfer Protocol (SMTP)
Simple Mail Transfer Protocol merupakan protocol yang digunakan untuk mengirimkan email antara MTA satu dengan MTA yang lain. Beberapa contoh SMTP yang ada yaitu stmp.telkom.net, smtp.indosat.net.id, smtp.biz.net.id, dan lain-lain.
Email juga memiliki beberapa serangan yang dapat merugikan bagi para pengguna nya, yaitu :

·         Virus
Virus yang masuk kedalam email kita lalu terinfeksi ke dalam computer kita itu karena kecorobohan kita sendiri yang membuka suatu file ato website yang tidak baik atau bersifat negative sehingga virus masuk dengan mudahnya ke dalam computer kita dan juga tidak mengattachment file yang belum kita ketahui asal usulnya.

·         Penyadapan
Email yang bersifat terbuka dapat langsung di sadap oleh para hacker , ia dapat langsung membaca informasi apa yang ada di dalam email kita dan mengirimkan email palsu kepada orang-orang.

·         Spamming
Spamming adalah tindakan dimana orang yang iseng mengirimkan pesan- pesan / iklan ke dalam email kita sebanyak mungkin dan membuat email kita di penuhi dengan pesan yang tidak berguna  , cara menangani nya adalah engan meng report alamat email yang melakukan spamming tersebut.

·         Mail Bomb
Mail Bomb ini adalah mirip dengan spamming tetapi sifat nya lebih kepada untuk meneror si pengguna email agar emailnya menjadi oenuh dan koneksi server pun menjadi lambat.

·         Mail Relay
Mail relay ini terjadi hanya jika server membuka dan menginzinkan pihak luar network  mengirim email dari server tersebut akibatnya server menjadi lambat karena harus memproses request yang sangat sekali. Penggunaan CPU & RAM pun menjadi tinggi sekali, terlebih jika ada IO wit.


Sumber :
http://achmad.glclearningcenter.com/2009/10/01/apa-itu-mail-server-open-relay/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar