Kamis, 27 Juni 2013



                    ANTIVIRUS
Antivirus adalah program yang bisa digunakan untuk menjaga computer kita dari virus-virus berbahaya. Ketika virus sudah terlanjur aktif pada computer kita maka cara untuk mengatasainy adalah dengan menggunakan antivirus.

Saat ini antivirus sudah merupakan produk yang sebagian besar terdapat pada computer kita masing-masing terutama bagi pengguna windows, bahkan di computer linux pun memerlukan antivirus.
Virus mengandung kode yang memungkinkan memodifikasi program. Berbeda degan worm , virus umumnya memiliki induk semang tempat menempelnya dirinya sendiri. Saat ini penyebaran virus sudah sangan menyebar dan tingkat kerusakan yang diakibatkan oleh virus juga semakin berbahaya.Virus  dapat menginfeksi berbagai bagian di komputer berbagai bagian dikomputer mulai dari memori, floppy disk, hard drive, ataupun media sorage lainnya. Penyebaran yang paling umum virus adalah melalui usb flash disk , orang-orang yang mencolok flash disk tanpa melakukan scan terlebih dahulu maka virus akan otomatis masuk dan terinfeksi ke dalam komputer kita.


Virus sangatlah berbahaya karena virus dapat membahayakan bahkan mencuri data-data pada komputer, maka kita perlu melindungi komputer dari berbagai ancaman dengan memakai anti virus. Sekarang ini terdapat banyak anti virus, namun disarankan tidak menggunakan yang bajakan, dengan kata lain adalah anti virus yang asli karena jika memakai bajakan, kita tidak dapat melakukan update pada anti virus kita. Update dilakukan agar virus baru yang telah dianalisa masuk ke dalam database anti virus kita sehingga komputer kita tetap aman.


Saat ini antivirus sudah merupakan produk yang sebagian besar terdapat pada computer kita masing-masing terutama bagi pengguna windows, bahkan di computer linux pun memerlukan antivirus.
Saat ini , antivirus sudah memiliki banyak versi baik komersial ataupun open source. Peran antivirus dalam mengamankan suatu komputer dengan 2 teknik , yang pertama adalah menggunakan signature yaitu gambaran sekilas dari pola kode virus. Program antivirus akan berjalan di background mengawasi file atau program yang berjalan di komputer tersebut , jika antivirus mendeteksi adanya pola yang sesuai dengan yang ada di databasenya maka itu merupakan tersangka virus.
Salah satu kekurangan dari antivirus signature yaitu perlunya update signature virus secara terbaru dan secara kontinyu agar antivirus tersebut bisa efektif dalam mengenali virus-virus terbaru.
Sebuah antivirus umumnya mengandung komponen yang disebut scanner virus. Scanner virus merupakan fitur yang ada di dalam antivirus yang berfungsi untuk mendeteksi dan menyingkirkan virus sebelum virus tersebut aktif .
Ada 4 tipe utama scanner virus , yaitu :
1.      Memonitor aktivitas
2.      Memonitor Perubahan dan Integritas
3.      Scanner Murni
Berikut ini adalah tips untuk memilih suatu antivirus :
  • Pilihlah antivirus yang dapat mendeteksi adanya malware dengan baik
  • Mempunyai fitur- fitur tambahan seperti : antispam dan antivirus email, firewall,parental conrtrol, internet control, aplication control, device control dan backup otomatis
  • dapat mengupdate perkembangan virus
  • Memperbaiki data atau file yang sudanh terjangkir oleh virus

Sumber :
http://books.google.co.id/books?id=6l8neVsyJt4C&pg=PA24&dq=antivirus+adalah&hl=id&sa=X&ei=K0LMUdCENoiNrQeeuoGYCg&redir_esc=y#v=onepage&q=antivirus%20adalah&f=false

Tidak ada komentar:

Posting Komentar